Sabtu, 28 April 2018

TROJAN PRORAT


Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target dan mengendalikan target untuk memperoleh hak akses pada target.
Trojan di dalam sistem komputer adalah suatu program yang tidak diharapkan dan disisipkan tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Program ini kemudian dapat diaktifkan dan dikendalikan dari jarak jauh, atau dengan menggunakan timer (pewaktu). Akibatnya, komputer yang disisipi Trojan Horse tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh. Definisi lain mengatakan bahwa Trojan adalah program apapun yang digunakan untuk melaksanakan suatu fungsi penting dan diharapkan oleh pemakai, namun kode dan fungsi di dalamnya tidak dikenal oleh pemakai. Selanjutnya program melaksanakan fungsi tak dikenal dan dikendalikan dari jarak jauh yang tidak dikehendaki oleh pemakai.
RAT adalah singkatan dari Remote Access Trojan atau bias disebut juga dengan Remote Access Tool. Ini adalah sebuah software atau program yang digunakan hacker untuk mengendalikan komputer korban sepenuhnya. Hal ini dapat mengirim kepada komputer korban dalam bentuk gambar, video atau file lainnya.
Hacker bisa melakukan apapun ke komputer si korban. Dengan menggunakan RAT, hacker dapat menginstal keylogger dan virus berbahaya lainnya ke komputer korban, menginfeksi file pada sistem komputer korban dan lain sebagainya. Beberapa jenis RAT tidak dapat di deteksi oleh antivirus apapun. 
ProRAT adalah salah satu dari RAT (Remote Access Tool) secara luas digunakan untuk mengambil alih system computer. Alat yang dibuat oleh PRO Group, sebuah kelompok masyarakat hacker turki dapat digunakan sebagai alat hacking computer dalam jaringan. ProRAT cukup sederhana, karena cukup memasukkan IP computer target dan kemudian pergi melalui salah satu port yang terbuka. ProRAT merupakan software/tool yang cukup lengkap yang memiliki beberapa fitur-fitur antara lain :
1.      Remote Control
2.      Melihat system info, menjalankan aplikasi dan task manager
3.      Tambahan proses, file atau file download
4.      Admin FTP
5.      Format HDD (kerusakan harddisk)
6.      Remotely download
7.      Menjalankan MS-DOS atau aplikasi lainnya
8.      Menambah entry registry
9.      Keylogger : password recording
10.  Membuat screenshot, lihat desktop windows langsung
11.  Mengirim pesan dan chatting
12.  Shutdown, log off maupun restart
13.  Control panel, IExplore, Registry, Printer, dan Control Online.
         
            Setelah Trojan disisipkan dan dijalankan di komputer korban, hacker dapat melakukan hampir semua hal dengan komputer itu melalui aplikasi ProRAT. Beberapa fungsi yang dapat dilakukan dengan ProRAT adalah sebagai berikut :
1.      Menghentikan proses suatu aplikasi ataupun menutup seluruh aplikasi yang berjalan.
2.     Dapat mengacaukan computer, seperti screen yang terbalik, kursor yang terkunci dan lainnya.
3.    Melakukan pencarian file pada computer korban, bahkan bias mengambil file dari computer korban.
4.      Dapat melakukan restart, log off maupun men-shutdown computer korban.
5.    Mampu melakukan screenshot layar computer korban maupun memotret orang yang berada di depan computer yang terinfeksi Trojan. 
6.   Dan Lain-Lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar